Rabu, 02 Desember 2015

Cara Menemukan Dan Mempertahankan Karyawan Yang Baik



MENEMUKAN DAN MEMPERTAHANKAN KARYAWAN TERBAIK


Manajemen sumber daya manusia adalah proses mengevaluasi kebutuhan sumber daya manusia, mencari orang-orang untuk mengisi kebutuhan tersebut dan mendapatkan pekerjaan terbaik dari setiap karyawan dengan memberikan insentif dan lingkungan pekerjaan yang tepat, semua dengan tujuan mencapai tujuan organisasional. Tantangan dan peluang dalam bidang sumber daya manusia adalah lebih banyak kaum wanita, kaum minoritas, imigran, dan pekerja yang lebih tua.
Tantangan sumber daya manusia
Beberapa tantangan dan peluang yang ditemui dalam bidang sumber daya manusia :
1. Kekurangan orang terlatih
2. Populasi pekerja yang terampil dan tidak terampil dari industry mengalami penurunan
3. Semakin meningkatnya prosentase pekerja baru yang kurang terdidik dan tidak siap
4. Peralihan dari komposisi usia angkatan kerja
5. Hokum dan peraturan yang kompleks
6. Meningkatnya jumlah keluarga orang tua tunggal dan keluarga dua pemasukkan
7. Peralihan dalam sikap karyawan terhadap pekerjaan
8. Pengecilan yang berkelanjutan
9. Tantangan dari kelompok kerja luar negeri
10. Permintaan tunjangan yang meningkat
11. Perhatian isu-isu yang meningkat
12. Berkurangnya kesetiaan karyawan

Lima langkah dalam perencanaan sumber daya manusia :
1. Mempersiapkan inventaris sumber daya manusa perihal karyawan organisasi
2. Mempersiapkan analisis pekerjaan
3. Menilai permintaan di masa depan
4. Menilai persediaan di masa depan
5. membuat rencana untuk merekrut, memperkerjakan, membidik, menilai, mengompensasi, dan menjadwalkan karyawan.




Menentukan kebutuhan sumber daya manusia
1. Mempersiapkan inventaris sumber daya manusia dari karyawan organisasi.
2. Mempersiapkan analisis pekerjaan. Analisis pekerjaan yakni studi tentang apa yang dilakukan oleh para karyawan yang memegang berbagai jabatan pekerjaan. Deskripsi pekerjaan yakni menentukan tujuan pekerjaan, jenis pekerjaan yang harus dilakukan , tanggung jawab dan kewajiban, kondisi kerja, dan hubungan pekerjaan dengan fungsi lain. Spesifikasi pekerjaan yakni rangkuman tertulis tentang kualifikasi minimum yang dibutuhkan dari para pekerja untuk melakukan pekerjaan tertentu.
Analisis pekerjaan :
1 Deskripsi pekerjaan
2 Spesifikasi pekerjaan
3 Menilai permintaan sumber daya manusia di masa depan
4 Menilai persediaan masa depan
5 Membuat rencana strategis.
Merekrut karyawan dari beragam populasi
Perekrutan adalah rangkaian aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan jumlah orang yang tepat yang memadai pada saat yang tepat, tujuannya untuk menyeleksi mereka yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Alas an perekrutan sangat sulit :
1. Beberapa organisasi memiliki kebijaksanaan yang menuntut promosi dari dalam
2. Penekanan pada kultur korporat, kerja sama tim, dan manajemen yang berpartisipasi
3. Terkadang orang-orang yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan tidak tersedia
Menyeleksi karyawan yang akan produktif
Seleksi adalah proses mengumpulkan informasi dan memutuskan siapa yang harus dipekerjakan di bawah garis pedoman hukum untuk kepentingan terbaik individu dan organisasi.
6 langkah proses seleksi :
1. Mendapatkan formulir lamaran yang lengkap
2. Melakukan wawancara awal dan wawancara lanjutan
3. Memberikan tes pekerjaan
4. Melakukan investigasi latar belakang
5. Mendapatkan hasil dari tes fisik
6. Menentukan periode percobaan (masa percobaan).



Mempekerjakan pekerja kontingen
Pekerja kontingen didefinisikan sebagai pekerja yang tidak memiliki harapan akan pekerjaan purnawaktu yang tetap. Pekerja yang seperti ini meliputi pekerja paruh waktu, pekerja temporer, pekerja musiman, kontraktor independen, dokter rumah sakit, dan murid magang.

Melatih dan mengembangkan karyawan untuk kinerja yang optimal
Pelatihan dan pengembangan mencakup semua upaya untuk memperbaiki produktivitas dengan meningkatkan kemampuan bekerja karyawan. Pelatihan berfokus pada ketrampilan jangka pendek sedangkan pengembangan berfokus pada kemampuan jangka panjang.

Beberapa aktivitas pelatihan dan pengembangan yang umum :
1. Orientasi karyawan
Adalah aktivitas yang menginisiasikan karyawan pada organisasi, teman karyawan, penyelia langsung mereka, kebijaksanaan, praktik, dan objektif perusahaan
2. Pelatihan pada pekerjaan
Adalah jenis pelatihan yang paling fundamental
3. Magang
Yaitu melibatkan satu periode dimana seorang pelajar bekerja berdampingan dengan karyawan yang berpengalaman untuk menguasai keterampilan dan prosedur keahlian
4. Pelatihan diluar pekerjaan
Terjadi jauh dari tempat kerja dan terdiri atas program internal atau eksternal untuk mengembangkan berbagai keterampilan atau untuk memajukan perkembangan pribadi
5. Pelatihan ruang depan
Yaitu memberikan sebuah contoh akan bagaimana teknologi meningkatkan efisiensi banyak program pelatihan diluar pekerjaan. Disebut pembelajaran yang jauh karena murid-murid dipisahkan oleh jarak dari guru maupun sumber isi
6. Stimulasi pekerjaan
Yaitu penggunaan peralaan yang meniru kondisi pekerjaan dan tugas, sehingga pengikut dapat mempelajari keterampilan sebelum mencobanya dalam pekerjaan. Stimulasi berusaha untuk meniru kombinasi kondisi dariyang sebenar-benarnya ang muncul dalam pekerjaan. Ini adalah jenis pelatihan yang diberikan kepada astronot, pilot maskapai penerbangan, operator tank tentara, kapten kapal, dan yang lainnya yang harus mempelajari prosedur sulit diuar pekerjaan
7. Pelatihan manajemen
Dilakukan di kelas tempat para karyawan diajari tentang peralatan yang mirip dengan yang digunakan dalam pekerjaan, memungkinkan para karyawan untuk mempelajari meode yang tepat dan prosedur keselamatan sebelum menerima tugas dalam organisasi


Menilai kinerja karyawan guna mendapatkan hasil yang optimal
Penilaian kinerja adalah evaluasi yang mengukur tingkat kinerja karyawan terhadap standar yang sudah ada untuk mengambil keputusan tentang promosi, kompensasi, pelatihan tambahan, atau pemecatan.
Penilaian kinerja terdiri atas 6 langkah :
1. menentukan standart kinerja
2. mengomunikasikan standart tersebut
3. mengevaluasi kinerja
4. mendiskusikan hasil dengan karyawan
5. mengambil tindakan korektif
6. menggunakan hasilnya untuk mengambil keputusan.
Memberikan kompensasi pada karyawan : menarik dan memelihara yang terbaik
Perusahaan tidak hanya bersaing untuk pelanggan, perusahaan juga bersaing untuk karyawan.
Kompensasi merupakan salah satu alat pemasaran dasar yang digunakan perusahaan untuk menarik karyawan yang memenuhi syarat dan merupakan salah satu biaya operasi terbesar untuk banyak organisasi.

 Tujuan program kompensasi dan tunjangan :
1. Menarik jenis orang yang dibutuhkan oleh organisasi, dan dalam jumlah yang memadai
2. Memberi karyawan dorongan untuk bekerja secara efisien dan produktif
3. Mencegah karyawan yang berharga meninggalkan perusahaan dan masuk ke perusahaan pesaing, atau memulai perusahaan pesaing
4. Mempertahankan posisi yang kompetitif dipasar dengan cara menekan biaya melalui produktivitas yang tinggi dari angkatan kerja yang puas
5. Memberi karyawan keamanan financial melalui asuransi dan tunjangan pension



Pengembangan manajemen
Pengembangan manajemen adalah proses melatih dan mendidik karyawan untuk menjadi manajer yang baik dan terus memonitor kemajuan keterampilan manajerial mereka.
•     Pelatihan pada pekerja
•     Posisi cadangan
•     Rotasi pekerjaan
•     Pelatihan dan kursus di luar pekerjaan.
Jaringan
Jaringan (networking) adalah proses membangun dan memelihara kontak dengan manajer utama dalam organisasi sendiri dan organisasi lain dan menggunakan kontak itu untuk menjalin hubungan yang kuat yang berfungsi sebagai sistem perkembangan informasi.
Satu hal yang penting dengan manajer potensial adalah mentor , seorang manajer korporat yang mengawasi, melatih, dan membimbing karyawan tingkat lebih rendah pillihan dengan memperkenalkan mereka kepada orang yang tepat dan biasanya bertindak sebagai sponsor organisasional mereka.
Sistem Bayaran :
•    Gaji
•    Upah setiap jam atau upah harian
•    Sistem pekerjaan yang dibayar menurut hasil yang dikerjakan
•    Rencana komisi
•    Rencana bonus
•    Rencana pembagian laba
•    Pencana pembagian keuntungan
•    Opsi saham

Tunjangan tambahan : mencakup upah cuti sakit, upah liburan, rencana pensiun, rencana kesehatan yang memberikan kompensasi tambahan untuk karyawan di luar upah dasar.
Tunjangan tambahan gaya kafetaria : rencana tunjangan tambahan yang memungkinkan karyawan untuk memilih tunjangan yang mereka inginkan sampai dengan jumlah uang tertentu.






Rencana Pembagian Pekerjaan
Pembagian pekerjaan : rencana dengan dua karyawan paruh waktu berbagi satu pekerjaan purnawaktu.

Keuntungan :
1. Peluang pekerjaan untuk mereka yang tidak dapat atau tidak menyukai bekerja purnawaktu
2. Tingkat antusiasme dan produktivitas yang tinggi
3. Ketidak hadiran dan kelambanan yang berkurang
4. Kemampuan untuk mengatur orang-orang dalam periode permintaan tertinggi
5. Memelihara karyawan yang berpengalaman yang mungkin meninggalkan perusahaan bila tidak ada rencana ini.

Menggerakkan Karyawan ke atas, menuju dan ke luar
a) Mempromosikan dan menugaskan kembali karyawan
b) Menghentikan karyawan
c) Memensiunkan karyawan
d) Kehilangan karyawan
Hukum yang memengaruhi manajemen sumber daya manusia
Tindakan afirmatif yaitu aktivitas yang dirancang untuk membenarkan kesalahan masa lalu dengan meningkatkan peluang bagi kaum minoritas dan kaum wanita. Diskriminasi yang terbalik didefinisikan sebagai diskriminasi terhadap orang kulit putih atau laki-laki







\
Sumber dari : Buku Pengantar Bisnis Edisi 11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar